Anda menderita diabetes? Cobalah Obat Herbal Ini

Salah satu penyakit bawaan yang banyak diderita orang adalah diabetes. Meski mengidap penyakit bawaan ini, jangan asal membuat hidup putus asa. Sebab, Anda tetap bisa mengontrolnya agar gejala diabetes tidak mengganggu aktivitas Anda, meski belum bisa disembuhkan. Masyrakt indonesia saat ini masih percaya untuk menggunakan ramuan alternatif untuk mengobati diabetes secara alami selain melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat diabetes.

Anda menderita diabetes, Cobalah Obat Herbal Ini

Tumbuhan herbal untuk obat alami diabetes

Utuk penderita diabetes sangat penting untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Dari sekian banyak cara mengontrol gula darah, penggunaan obat alami dari tumbuhan herbal masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai terapi penunjang penyakit diabetes. Pasalnya, bahan-bahan alami diyakini memiliki efek samping yang lebih sedikit, murah dan aman. Lalu apa saja tanaman atau obat diabetes alami yang bisa menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes?

Ginseng

Berdasarkan sebuah penelitian bahwa ginseng mengandung zat herbal yang bisa di gunakan sebagai obat diabetes. Zat yang ada dalam ginseng di percaya bisa mengatur penyerapan glukosa sehingga naik nya gula darah bisa terkontrol.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Plants Research juga menunjukkan khasiat ginseng sebagai obat alami diabetes. Karena tanaman ini bisa mengintrol insulin yang ada dalam tubuh dan bisa mengontrol kenaikan gula darahn yang terjadi secara tiba - tiba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ginseng bisa menurunkan kadar gula darah puasa dan bisa mengontrol naiknya glukosa yang di keluarkan oleh hati sehingga mengurangi resiko diabetes.

Namun besarnya efek reduksi tersebut sangat bervariasi, tergantung dari jumlah senyawa aktif yang terkandung di setiap jenis ginseng. Untuk saat ini masih perlu di butuhkan banyak penelitian lanjutan atas manfaat giseng terhadap penderita diabetes. Namun sebelum itu anda harus mengkonsultasikannya kepada dokter.

Kunyit

Tak hanya sebagai penyedap makanan, kunyit juga dianggap sebagai obat diabetes alami yang potensial untuk mengontrol gula darah. Manfaat kunyit sebagai obat herbal diabetes didapatkan dari kandungan antioksidannya.

Dengan mengkonsumsi obat tradisional ini, kadar gula darah penderita diabetes bisa turun hampir 18% setelah mengkonsumsi 300 mg kunyit dalam bentuk jamu setiap hari. Saah satu penelitian menunjukkan bahwa menkonsumsi 1,5 gram kunyit setiap 9 bulan sekali bisa mencegah adanya diabetes dalam tubuh karena bisa mengontrol naiknya gula darah yang di hasilkan oleh hati. Selain itu, kunyit juga terbukti dapat mencegah komplikasi diabetes.

Kayu manis

Selanjutnya terdapat kayu manis yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat diabetes alami. Obat alami ini di percaya bisa menurunkan tingkat insulin serta bisa meningkatkan glukosa. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kayu manis memberikan banyak manfaat untuk penderita diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kayu manis akan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan penyakit jantung.

Tentu, bukan berarti mengonsumsi kayu manis membuat Anda leluasa mengonsumsi gula dan karbohidrat. Anda masih harus mengikuti aturan makan sehat khusus diabetes. Anda bisa mengikuti petunjuk berikut untuk melakukan diet diabetes anda di rumah anda sendiri:

  • Jangan ragu untuk menambahkan seperempat hingga dua sendok teh kayu manis per hari ke dalam makanan Anda, baik dalam makanan atau minuman. Pertama, konsultasikan dengan dokter.
  • Selalu gunakan dosis yang sama setiap hari untuk menghindari kadar gula darah yang naik turun dengan cepat.
  • Anda bisa menggunakan kayu manis bubuk atau batangan yang di sediakan toko obat. Ini akan membantu anda mengontrol insulin yang ada dalam tubuh sehingga kenaikan glukosa bisa di kontrol dengan baik.

Jintan hitam

Sejak kemunculannya, jintan hitam dipercaya bisa menjadi obat alami untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk diabetes. Jintan hitam atau yang juga dikenal dengan Habbatussauda, dikenal mampu melawan peradangan, menurunkan kadar lemak darah, serta menjaga kesehatan jantung dan hati.

Penelitian di jurnal Oxidative medicine dan umur panjang seluler yang dilakukan pada hewan juga menemukan hal serupa. Antioksidan yang ada pada tanaman ini telah diamati untuk mengontrol gula darah serta membantu meningkatkan produksi sekresi insulin. Antioksidan timokuinon juga dapat mencegah dislipidemia diabetes.

Dislipidemia adalah kondisi ketika kadar lemak dalam darah tidak normal, baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Terdapat pula penelitian lain yang menunjukkan bahwa jintan hitam ini bisa menurunkan kadar gula darah puasa dan gula darah pasca makan. Sayangnya, berbagai penelitian yang dilakukan tentang jintan sebagai obat diabetes tradisional masih terbatas pada hewan. Saat ini masih di kembangkan uji klinin jintan hitam yang di gunakan sebagai obat diabetes terhadap manusia.

Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang digemari karena khasiatnya yang melimpah, termasuk sebagai obat herbal diabetes. Penelitian di jurnal Complementary Therapies in Medicine menunjukkan jahe mampu menurunkan gula darah puasa dan kadar HbA1c pada 88 penderita diabetes yang mengonsumsi 3 gram jahe setiap hari selama delapan minggu.

Manfaat jahe sebagai obat herbal diabetes tidak hanya itu. Namun jahe juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya bisa menyembuhkan peradangan. Akan tetapi hingga saat ini penelitian ini masih sangat terbatas. Namun saat ini masih di kembangkan penelitian lanjutan yang bisa membuktikan keefektifan tanaman ini terhadap penderita diabetes.

Lidah buaya

Tak hanya berpotensi untuk kecantikan tubuh, tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai obat herbal diabetes. Dikutip dari laman Komunitas Diabetes Global, lidah buaya dapat menurunkan kadar gula darah puasa (PDB) sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai obat diabetes alami. Akan tetepi tidak hanya itu tumbuhan ini juga di percaya dapat menurunkan kadar gula lipid pada penderita diabetes tipe 2.

Banyak kandungan yang ada dalam tumbuhan lidah buaya yang di percaya bisa mengobati diabetes secara alami. Kandungan yang ada dalam lidah buaya di percaya bisa menyembuhkan pembengkakakn yang terjadi akibat diabetes. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat dan keamanan lidah buaya sebagai obat herbal diabetes.

Bawang Merah

Untuk saat ini tanaman bawang merah di percaya untuk bisa mengontrol gula darah yanga da dala tubuh. Namun hingga saat ini masih belum banyak yang membuktikan kefektifan dari bawang merah ini untuk menyembuhkan diabetes.

Namun, sebuah penelitian di jurnal Environmental Health Insights yang melibatkan penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 gram bawang mentah per hari dapat menurunkan gula darah. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa bawang bombay dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Para ahli menduga bawang merah dapat digunakan sebagai obat herbal bagi penderita diabetes dengan cara meningkatkan kadar insulin dan membantu proses penurunan kadar gula darah.

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini