Buah yang Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan banyak ditakuti oleh semua orang di berbagai belahan dunia. Dan penyakit ini bisa menjadi pintu masuk bagi jenis penyakit kronis lainnya. Ketika seseorang menderita diabetes, mereka harus mengontrol kadar gula darahnya dengan baik. Jika tidak dikendalikan, hal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi diabetes yang serius, seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, kebutaan, dan komplikasi lainnya. Dan parahnya, kadar gula darah bisa meningkat drastis akibat mengonsumsi makanan yang salah. Ada beberapa makanan, bahkan buah, yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Mungkin ada beberapa buah untuk obat diabetes, namun ada juga jenis buah yang berisiko bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan buah mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan ini merupakan faktor yang dapat meningkatkan gula darah. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan buah, melainkan hindari makan buah untuk menaikkan kadar gula darah di bawah bagi penderita diabetes.

Buah yang Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Mangga

Siapa yang tidak suka buah mangga, buah yang lezat ini memiliki rasa yang manis dan segar. Tak hanya dijadikan jus buah, mengonsumsi buahnya secara langsung juga sangat nikmat. Namun, ada banyak perdebatan tentang mangga untuk diabetes. Sayangnya, buah ini sangat dilarang untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan fakta tentang kandungan dalam buah mangga. Dimana di dalamnya mengandung 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Yang artinya ini akan meningkatkan kadar gula darah. Bahkan semakin matang buahnya, semakin tinggi kadar indeks glikemiknya. Jika Anda memang ngidam buah yang satu ini, batasi saja porsinya dengan mengonsumsi 1/2 buah saja. Dan jangan makan buah ini terus menerus.

Nanas

Rasa nanas memang enak, apalagi jika buahnya sudah matang. Akan sangat segar untuk dikonsumsi pada siang hari. Namun sayangnya nanas merupakan salah satu buah penyebab diabetes. Ini karena indeks glikemiknya yang tinggi. Berdasarkan standar penyajian buah (150gr), 1 porsi nanas mengandung 19 gram karbohidrat, 15 gram gula, dan kkal energi. Namun meski begitu, nanas merupakan buah yang rendah lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, banyak juga kandungan baik yang tersimpan di dalamnya seperti vitamin B6, vitamin C, thiamin, tembaga dan mangan. Jadi akan lebih baik untuk membatasi konsumsi nanas, yaitu hanya 1/2 gelas. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan makanan kaya protein untuk menyeimbangkan pola makan. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi nanas kalengan yang banyak mengandung gula.

Pisang

Pisang memang salah satu buah yang cukup menyehatkan, karena mengandung potasium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja sayangnya 1 buah pisang ukuran sedang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi bahkan 2 kali lipat dibandingkan buah lainnya. Jadi bagi penderita diabetes akan lebih baik untuk mengurangi asupan pisang menjadi hanya 1/2 porsi.

Anggur

Buah lain yang bisa menaikkan kadar gula darah dan harus dihindari bagi penderita diabetes adalah buah anggur. Meski dianggap enak, namun buah anggur memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Dalam satu buah anggur kecil mengandung setidaknya 1 gram karbohidrat. Ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi wine secara berlebihan. Batasi asupan buah anggur ini hingga 15. Jika Anda mengonsumsi 15 biji anggur, ini sama dengan mengonsumsi 1 1/4 cangkir stroberi.

Ceri

Menikmati buah ceri secara berlebihan juga merupakan salah satu buah yang dilarang bagi penderita diabetes. Kebanyakan orang terkadang tidak bisa berhenti sambil menikmati rasa buah ceri karena rasanya yang enak. Namun seperti halnya buah anggur, dalam 1 buah cherry mengandung sekitar 1 gram karbohidrat. Dan karbohidrat yang tidak termasuk karbohidrat untuk penderita diabetes

Leci

Bisa dikatakan buah leci merupakan salah satu buah yang menempati urutan pertama dengan kandungan gula tertinggi. Dalam 150 gram buah leci segar mengandung 29 gram kandungan gula. Jadi bagi Anda penderita diabetes, akan lebih baik untuk menghindari makanan penyebab gula darah naik. Lalu bagaimana dengan leci kalengan? Perlu Anda ketahui jika leci yang disajikan dalam kaleng tentu saja lebih banyak mengandung gula dan karbohidrat. Mengingat lama waktu buah leci direndam dalam sirup gula. Hanya saja buah leci juga mengandung sekitar 135 mg kalsium yang sangat baik untuk memenuhi asupan harian.

Buah Kering

Buah kering seperti kismis misalnya sangat cocok dijadikan topping untuk yoghurt atau sereal. Namun sayangnya hal ini sangat dilarang bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Buah kering mengalami penurunan kadar air dan peningkatan kadar gula alami. Misalnya seperti kismis, dalam 1/4 cangkir kismis mengandung lebih dari 30 gram karbohidrat atau sekitar 8 sendok teh gula. Banyak jenis buah kering lainnya seperti cranberry kering juga tinggi karbohidrat yang harus Anda hindari. Jadi hindari kebiasaan menggunakan buah kering sebagai camilan bagi penderita diabetes, akan lebih baik mengkonsumsi buah untuk penderita diabetes.

Jus Buah

Selain itu, jus buah murni juga penting untuk dihindari bagi Anda yang menderita diabetes. Misalnya, seperti jus jeruk, Anda bisa membayangkan bahwa 240 ml jus jeruk sama sekali tidak mengandung serat. Namun Anda bisa mendapatkan 30 gram gula dan 30 gram karbohidrat di dalamnya yang sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Apalagi tubuh akan lebih mudah mencerna cairan, sehingga gula dan karbohidrat akan lebih cepat diproses. Dan selain itu, meski tidak menyebabkan rasa kenyang tapi jus buah bisa menambah kalori yang menambah berat badan. Jus buah hanya cocok untuk Anda yang memiliki kadar gula rendah.

Buah Yang Memiliki Kandungan Gula Rendah

Jika ada beberapa buah yang bisa menaikkan kadar gula darah menjadi tinggi. Lalu buah apa saja yang memiliki kadar gula rendah yang baik untuk penderita diabetes? Keluarga berry seperti strawberry, raspberry, blackberry, dan cranberry segar menjadi kelompok buah dengan kandungan gula yang cukup rendah. Rata-rata hanya sekitar 4-9 gram dalam setiap porsi 150 gram. Namun blueberry mengandung gula yang cukup tinggi di antara jenis buah beri lainnya, sekitar 15 gram dalam satu porsi 150 gram. Selain itu, alpukat untuk diabetes juga diperbolehkan. Karena kandungan gulanya hanya sekitar 0-1 gram untuk 1 buah utuh. Apalagi kandungan lemak sehatnya juga tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dari jenis buah jeruk, lemon dan jeruk nipis juga memiliki kandungan gula yang sedikit. Sekitar 1-2 gram untuk buah berukuran sedang. Dan jika Anda menanyakan buah yang sama sekali tidak mengandung gula, maka jawabannya adalah buah zaitun. Buah ini mengandung 0 gram gula, baik segar maupun utuh, asinan, atau minyak. Apalagi kandungan nutrisinya juga cukup baik seperti vitamin E dan antioksidan yang baik untuk melawan osteoporosis dan kanker. Itulah tadi beberapa buah yang bisa menaikkan kadar gula darah yang sebaiknya dihindari bagi penderita diabetes. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini