Cara Diet Sehat Yang Benar Dan Tidak Berbahaya

Diet merupakan salah satu cara yang sering dilakukan orang untuk menurunkan berat badan. Diet pada umumnya lebih sering dilakukan oleh wanita karena tubuh mereka secara alami menghasilkan lebih banyak lemak daripada pria. Penyebab lainnya adalah masalah kepercayaan diri dari seseorang. Ada banyak kasus orang yang menjalankan diet ekstrim tidak sehat agar memiliki berat badan ideal dengan cepat. Padahal, cara diet bisa berbahaya bagi kesehatan.

Cara Diet Sehat Yang Benar Dan Tidak Berbahaya

Contoh Diet Sehat dan Murah

Agar badan menjadi lebih sehat memang di anjurkan untuk melakukan diet. Penyakit berbahaya akan mucul akibat dari beberapa faktor saslah satunya adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Contohnya penyakit hipertensi, diabetes, jantung dan sebagainya. Tidak hanya menurunkan berat badan dan mencegah masalah kesehatan, diet juga banyak dilakukan oleh orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Maka dari itu, jika anda ingin melakukan diet, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu tubuh anda akan cocok dengan melakukan diet yang seperti apa. Berikut ini adalah rangkaian contoh pola makan sehat dan populer di masyarakat.

Diet rendah garam

Diet ini sebenarnya adalah diet untuk menurunkan berat badan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Garam atau natrium dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya. Namun, asupan natrium yang berlebihan justru dapat mengganggu kesehatan. Kelebihan natrium dapat menyebabkan hipertensi dan masalah jantung yang lebih serius. Ketika Anda makan banyak garam, pembuluh darah Anda akan menyerap lebih banyak air. Hal ini berdampak pada peningkatan tekanan darah, bahkan memperburuk gejala penyakit jantung. Misalnya, penambahan berat badan, kembung, dan pembengkakan pada area tubuh tertentu. Pembengkakan tersebut akibat melemahnya otot jantung dalam memompa darah. Asupan natrium yang disarankan untuk orang dewasa paling banyak adalah 2,4 gram per hari (1 sendok teh). Sedangkan untuk anak usia 4-10 tahun cukup mengkonsumsi 1-2 gram garam setiap hari. Kurangi penggunaan garam, bumbu, saus, dan perasa dalam masakan. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan bumbu. Juga makan buah dan sayuran rendah sodium, seperti tomat, wortel, bayam, brokoli, seledri, selada, bawang, apel, jeruk, limau, dan pisang.

Diet tinggi protein

Sesuai dengan namanya, metode diet ini mendorong orang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Membatasai asupan karbohidrat juga merupakan salah satu cara menjaga pola makan yang sehat, seperti biji-bijian dan sereal. Diet tinggi protein sebenarnya tidak berbahaya jika dilakukan dalam jangka pendek namun bukan berarti diet ini benar-benar aman. Bahkan bagi penderita gagal ginjal, diet semacam ini dilarang. Jika ingin melakukan diet ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk membantu Anda membuat rencana diet yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Diet shake buah

Diet susu (diet shake) merupakan alternatif cara diet sehat dan murah yang rendah kalori. Diet shake banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Tidak hanya lebih hemat waktu dan sangat praktis, diet shake juga mengandung berbagai makronutrien esensial yang dibutuhkan tubuh. Diet shake biasanya menggunakan buah-buahan dan sayuran sehingga dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral harian Anda. Cara diet yang satu ini juga bisa mengubah komposisi tubuh, termasuk memperbaiki organ tubuh yang meradang dan stres oksidatif yang bisa memicu penyakit parah. Diet sejneis ini merupakan salah satu diet yang sangat cocok jika anda menginginkan berat badan yang terkontrol dalam jangka yang panjang.

Cara Diet yang Aman dan Sehat

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus fokus pada jumlah kalori yang Anda bakar. Agar tidak mudah sakit anda harus memastikan bahwa anda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Berhati-hatilah dengan diet yang mengklaim dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Untuk hasil terbaik Anda harus menurunkan berat badan secara bertahap. Berikut beberapa cara makan sehat dan cepat tanpa obat yang dianjurkan.

Pilih makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Perhatikan makanan yang Anda makan. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan segar seperti buah dan sayuran segar, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu dan produk makanan yang kaya pati resisten. Hindari makanan yang mengandung gula, garam, dan minyak berlebih. Misalnya, gorengan, minuman ringan, dan keripik kentang kemasan. Selain itu anda harus mengurangi makanan dalam kemasan, makanan tinggi lemak dan makanan siap saji yang akan merusak pola makan Anda.

Perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi

Meskipun anda selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, akan menjadi tidak baik jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Anda harus memperhatikan poris yang ingin anda makan agar sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda. Makan yang sedikit bukan berarti itu merupakan salah satu cara untuk melakukan diet sehat yang murah. Tetapi lebih pada pengaturan kalori. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan. Idealnya, piring Anda harus terdiri dari 4 bagian: daging untuk protein, karbohidrat, dan sisanya untuk sayuran berwarna.

Atur jadwal makan dan jangan melewatkan waktu makan

Melewatkan makan adalah cara diet yang salah. Misalnya, tidak ada sarapan. Banyak orang berpikir bahwa melewatkan sarapan dapat mengurangi kalori dan dengan demikian menurunkan berat badan. Namun, anggapan ini salah. Jika Anda tidak sarapan, Anda akan lapar sepanjang hari dan cenderung "membalas dendam" saat makan siang. Menjaga pola makan 3 kali sehari masih baik untuk diet namun harus mengatur agar teratur dan tidak berlebihan. Kuncinya adalah menghindari makanan yang tinggi kalori dan tinggi lemak. Usahakan menu sarapan Anda mengandung serat dan protein tinggi agar Anda bisa kenyang lebih lama.

Kombinasikan dengan olahraga teratur

Menurunkan berat badan tidak akan lengkap tanpa olahraga teratur. Olahraga teratur adalah cara terbaik untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Idealnya, Anda perlu berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat, bugar, dan berat badan Anda terkendali.

Menghindari kebiasaan yang merugikan kesehatan

Selain mempraktikkan pola makan sehat seperti di atas, Anda juga harus melengkapinya dengan menghindari kebiasaan buruk. Merokok, begadang, minum alkohol adalah kebiasaan yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat. Jika Anda terus melakukannya, kemungkinan Anda kehilangan berat badan akan kecil. maka Anda boleh saja menurunkan berat badan tetapi tidak menghilangkan risiko berkembangnya penyakit kronis yang membahayakan kesehatan. Itulah beberapa cara makan sehat dan cepat tanpa obat diet aman yang bisa Anda lakukan. Menurunkan berat badan bukan hanya tentang pola dan jenis makanan yang Anda makan. Anda harus menerapkan gaya hidup sehat, termasuk pemeriksaan rutin ke dokter. Maka dari itu hal ini dilakukan karena semua penyakit bisa datang tidak terduga dan kapan saja. Jika anda menerapkan pola makan yang sehat, setidaknya Anda meminimalkan potensi penyakit serius yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini