Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

Cara mengobati diabetes secara alami ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Penyakit yang menyerang siapa saja tanpa pandang bulu ini diketahui memakan korban yang cukup banyak. Meski cenderung orang tua yang berpotensi mengalaminya dan kebanyakan menggunakan obat diabetes, bukan tidak mungkin anak muda mengalaminya. Bahkan di Indonesia penderita diabetes cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dengan rentang usia yang cukup luas, dari usia 20 hingga 79 tahun. Meski diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mengontrol kadar gula dalam tubuh. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan beberapa cara mengatasi diabetes secara alami. Di bawah ini akan kami berikan beberapa cara untuk mengatasi diabetes.

Jenis Diabetes

Sebelum kita membahas cara mengobati diabetes secara alami, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis diabetes itu sendiri. Diabetes tipe 1 atau disebut juga diabetes autoimun biasanya terjadi karena sistem imun penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang bertugas memproduksi insulin. Sehingga hal yang satu ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah dan menyebabkan kerusakan organ tubuh. Pemicu utama diabetes jenis ini belum diketahui secara pasti. Namun, diabetes tipe 1 diduga dipicu oleh faktor genetik penderita yang juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Sedangkan diabetes tipe 2 paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan secara maksimal. Sekitar 90-95 persen penderita diabetes di dunia mengalami diabetes jenis ini.

Diagnosis Diabetes

Hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum kita membahas cara mengobati diabetes secara alami, adalah diagnosis penyakit diabetes. Pada umumnya diabetes berkembang secara bertahap, kecuali diabetes tipe 1 yang sering muncul secara tiba-tiba. Karena banyak kasus diabetes yang tidak terdiagnosis secara dini, orang yang dianggap berisiko terkena penyakit ini disarankan untuk menjalani pemeriksaan rutin. Sebelum Anda mulai melakukan beberapa cara untuk mengobati diabetes secara alami, Anda diharuskan untuk melakukan tes gula darah terlebih dahulu, untuk mengetahui jenis diabetes apa yang menyerang tubuh Anda, apakah tipe 1 atau tipe 2. Kedepannya hasil pengukuran gula darah akan menunjukkan apakah anda menderita diabetes atau tidak. Tes gula darah yang akan dilakukan pasien meliputi:

Tes Gula Darah Tepat Waktu

Merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kadar glukosa darah pada jam-jam tertentu secara acak. Jika hasil menunjukkan 200 mg/dl maka pasien tersebut mengidap diabetes.

Tes Gula Darah Puasa

Sedangkan tes gula darah puasa bertujuan untuk mengukur kadar glukosa darah pada saat pasien berpuasa. Sebelum menjalani tes, pasien akan diminta berpuasa selama 8 jam terlebih dahulu. Kemudian, sampel darah diambil. Jika kadar gula menunjukkan 100 - 125 mg / dL, berarti pasien menderita pradiabetes. Sedangkan jika hasil tes menunjukkan 126 mg / dL atau bahkan lebih, maka pasien dipastikan mengidap diabetes.

Tes Toleransi Glukosa

Pasien diharuskan berpuasa semalaman sebelum melakukan tes yang satu ini. Jika hasil tes menunjukkan 140 - 199 mg / dL, maka itu adalah kondisi pradiabetes. Sedangkan untuk kadar gula 200 mg / dL atau lebih berarti penderita diabetes.

Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

Mungkin pada awalnya, Anda akan sulit mendengar bahwa Anda menderita diabetes. Belum lagi berbagai pengobatan dan perawatan yang harus dilakukan agar gula darah bisa tetap normal. Namun, dengan bantuan positif dari orang-orang di sekitar Anda dan diiringi dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, bukan tidak mungkin penyakit diabetes itu sendiri dapat dikendalikan. Tidak ada salahnya membawa satu atau dua anggota keluarga bersama Anda untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri secara rutin agar mereka bisa memahami berbagai hal yang perlu diketahui dalam menangani diabetes. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengobati diabetes secara alami yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah, yaitu:

Olahraga Secara Teratur

Cara mengobati diabetes secara alami yang pertama adalah dengan berolahraga secara rutin. Mungkin Anda bosan karena sering mendengar bahwa aktivitas olahraga itu sendiri baik untuk kesehatan. Namun nyatanya, hal ini tidak bisa dianggap remeh. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat. Cukup jalan-jalan keliling kompleks, berenang, bersepeda di area rumah, yoga, bahkan bersih-bersih rumah juga bisa dikatakan olahraga, lho. Setidaknya, lawan perasaan malas dan buat diri Anda bergerak secara aktif. Jika setelah melakukan tes gula darah ternyata menunjukkan kurang dari 100-120, maka Anda bisa mulai mengonsumsi apel atau segelas susu sebelum berolahraga.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sebenarnya makanan yang Anda konsumsi bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan orang yang tidak mengidap diabetes. Hanya saja, pola makan Anda harus diatur lebih ketat. Jenis makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang kaya vitamin, bergizi, rendah lemak, dan kalori, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Lalu, makanan apa saja yang direkomendasikan untuk penderita diabetes?

  • Makanan yang terbuat dari biji-bijian atau karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, roti, kentang panggang, atau sereal gandum utuh.
  • Daging tanpa lemak dimasak dengan cara dikukus, direbus, dibakar dan dipanggang.
  • Buah segar. Jika Anda ingin membuat jus, jangan pernah menambahkan gula ke dalamnya.
  • Kacang, termasuk kacang kedelai yang diolah menjadi tahu kukus, dimasak untuk dikuah, atau digoreng.
  • Sayuran yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, dibakar, atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik untuk penderita diabetes antara lain brokoli dan bayam.
  • Aneka ikan, seperti tuna, salmon, sarden, dan mackerel
  • Produk susu dan telur rendah lemak

Cara mengobati diabetes secara alami dengan mengonsumsi makanan bergizi sebenarnya tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, tetapi juga dapat mengontrol berat badan.

Melakukan Diet

Bisa juga dikatakan sebagai diet ketogenic atau diet tinggi lemak, tinggi protein, dan rendah karbohidrat. Cara pengobatan diabetes ini secara alami diharapkan akan membuat tubuh membakar lemak dan memanfaatkan hasilnya yaitu keton body sebagai sumber energi. Proses peralihan sumber energi dari glukosa ke badan keton umumnya memakan waktu kurang lebih 2 - 4 hari setelah mengonsumsi makanan rendah karbohidrat. Pada tahap ini, Anda diharapkan hanya mengonsumsi 30 gram karbohidrat per hari. Selain itu, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi, soda manis, aneka gorengan, dan alkohol.

Diet Puasa

Biasanya puasa sering dilakukan oleh umat Islam untuk beribadah, terutama saat memasuki bulan Ramadhan. Tapi ternyata puasa sendiri bisa dijadikan cara untuk mengobati diabetes secara alami, lho. Namun dalam hal ini, puasa yang dimaksud mungkin saja memiliki ritme yang berbeda dengan puasa pada umumnya atau kita menyebutnya dengan diet puasa. Cara berpuasa bisa Anda ubah dengan membagi waktu puasa 16 jam dan waktu makan 8 jam. Misalnya, dari jam 1 siang. sampai jam 9 malam. Cara yang satu ini juga secara tidak langsung dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Mengurangi Stres

Padahal, mengurangi stres bisa dijadikan cara mengobati diabetes secara alami yang terbilang cukup efektif, lho. Cobalah temukan berbagai aktivitas yang sama-sama tidak menuntut otak Anda untuk berpikir dan bisa memberi Anda ketenangan. Beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain merencanakan liburan secara rutin, menjadwalkan rangkaian kegiatan yang akan membuat Anda bahagia, tidak panik saat menghadapi masalah dan sebaliknya, meminta saran dari orang terdekat untuk menemukan akar masalahnya. dan temukan solusi, serta jadikan selalu keluarga Anda sebagai prioritas utama. Pasalnya, berkumpul dengan keluarga justru bisa memberikan rasa tenang sehingga pikiran menjadi lebih rileks.

Solusi Praktis Dan Aman

Solusi praktis dan aman saat ini hanya dengan minum air alkali hidrogen secara rutin akan membantu memperbaiki sel pankreas sehingga bisa produksi insulin kembali

Di dunia kedokteran, semua pernyataan harus ditunjang oleh literatur ilmiah yang meyakinkan. Manfaat air kaya hidrogen dalam menurunkan gula darah bukan sekedar testimoni, tapi didukung oleh banyak sekali penelitian ilmiah di ratusan jurnal kedokteran tentang manfaat dan keamanan dari molekul hidrogen. Molecular Hydrogen Institute mengungkap ada lebih dari 1000 artikel ilmiah manfaat hidrogen pada lebih dari 170 penyakit.

Sejak ditemukan mesin elektrolisis yang dapat merubah air biasa menjadi air kaya hidrogen, penelitian mengenai manfaat air ini semakin meluas di berbagai belahan dunia, salah satunya dalam mengelola pasien dengan gula darah yang tinggi. Metode minum air kaya hidrogen ini berpotensi menjadi pilar kelima yang mudah, murah, efektif, dan efisien dalam pengelolaan diabetes.

Jurnal ilmiah kedokteran https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19083400/

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini