Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Cepat dan Efektif!

Bagaimana cara menurunkan gula darah tinggi? Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes dan penyakit kronis lainnya, sehingga Anda harus menjaga tekanan gula darah agar tetap normal dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Jadi sangat penting untuk anda menjaga kadar gula dara yang ada dalam tubuh anda. Apa Tekanan Gula Darah Normal? Gula darah merupakan gula utama yang ada di dalam darah yang kemudian diolah sebagai sumber energi untuk kebutuhan nutrisi tubuh dan sistem saraf.

Klik tombol video di bawah↓↓↓↓

Gula darah atau glukosa dalam kadar normal menjadi bahan bakar bagi seluruh sel tubuh, namun kadar yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit kronis. Gula darah tinggi terjadi ketika tubuh tidak dapat memindahkan gula dari darah ke dalam sel-sel tubuh dan tidak dapat mengelolanya menjadi energi. Kadar gula darah yang lebih tinggi dari biasanya disebut pradiabetes dan jika kadarnya berada pada titik tertinggi, maka bisa disebut diabetes.

Cara Menurunkan kadar gula darah normal menurut usia yang tinggi menyebabkan diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan baik sehingga glukosa yang terkumpul di dalam darah dan gula yang seharusnya diolah menjadi sumber energi tidak dapat berfungsi. Agar anda lebih maksimal untuk mengontrol gula darah yang ada dalam tubuh anda bisa membuat pola mkan yang sehat serta olehraga yang teratur. Di bawah ini kami berikan beberapa cara untuk anda mengontrol gula darah:

cara menurunkan gula darah dengan cepat dan efektif

Mengontrol Asupan Karbohidrat

Karbohidrat akan dipecah menjadi gula dan diproses oleh insulin menjadi sel-sel tubuh untuk diolah menjadi energi bagi sistem saraf dan tubuh. Jika terlalu banyak mengonsumsi asupan karbohidrat saat fungsi insulin dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik, proses pengolahan gula akan gagal. Akibatnya gula akan menumpuk di hati dan menyebabkan kadar gula darah naik. Berdasarkan rekomendasi dari American Diabetes Association (ADA), mengontrol asupan karbohidrat dengan menghitung setiap kadar karbohidrat dalam makanan atau menggunakan sistem pertukaran makanan merupakan alternatif penting untuk mencegah kenaikan kadar gula darah. Anda juga bisa melakukan diet karbo agar bisa lebih efektif mengontrol gula darah.

Pastikan Anda selalu terhidrasi

Dengan banyak minum air putih anda bukan hanya akan lebih sehat namun anda juga akan bisa mengontrol gula darah yang ada dalam tubuh. Ketika Anda minum cukup air dan tubuh Anda terhidrasi dengan baik, ginjal akan bekerja untuk membuang gula yang menumpuk di dalam darah melalui urin. Berdasarkan penelitian, asupan air juga berperan dalam menghidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, menurunkan risiko diabetes dan risiko penyakit kronis lainnya.

Olah Raga Teratur

Seperti halnya air, olah raga juga merupakan cara utama untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai indikasi gula darah tinggi, olahraga dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin yang artinya meningkatkan kemampuan sel dalam mengelola glukosa dalam darah. Manfaat olah raga juga dapat menghasilkan gula darah yang terakumulasi menjadi energi dan kontraksi otot. Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti jogging, jalan kaki, lari, bersepeda, dll.

Mengontrol Porsi Makanan

Kebanyakan orang mungkin makan dengan porsi terlalu besar dengan asupan yang tidak terkontrol seperti terlalu banyak kalori dan karbohidrat dalam satu kali makan. Ini dapat menyebabkan gula darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Mengontrol porsi makanan sangat penting untuk menjaga kadar gula darah, membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berdasarkan anjuran, asupan kalori harian yang dianjurkan adalah 2.000 kalori dan asupan karbohidrat yang dianjurkan adalah 45-65% dari asupan kalori atau sekitar 325 gram per hari. Namun anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi harian yang di butuhkan oleh tubuh

Memantau Kadar Gula Darah Secara Teratur

Jika Anda memiliki faktor risiko atau riwayat gula darah tinggi, disarankan untuk memantau gula darah Anda secara rutin. Anda juga disarankan untuk memiliki glukometer yang merupakan salah satu alat kesehatan yang wajib dimiliki di rumah untuk mengecek kadar gula darah harian. Anda dapat memantau kadar gula darah Anda sebelum, sesudah, dan sebelum tidur untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan tertentu yang Anda makan. Ini juga akan membantu Anda mencegah lonjakan atau lonjakan gula darah.

Makan makanan kaya kromium dan magnesium

Kekurangan zat gizi mikro, termasuk kekurangan asupan mineral kromium dan magnesium, telah dikaitkan dengan kadar gula darah tinggi dan diabetes. Manfaat kromium adalah untuk mempercepat metabolisme karbohidrat dan lemak serta mengontrol kadar gula darah. Mineral kromium ditemukan dalam makanan alami seperti kuning telur, produk biji-bijian, kacang-kacangan, daging, dll. Magnesium juga berguna untuk menjaga kadar gula darah normal. Karena banyak penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kadar magnesium lebih dari 47% akan memiliki resiko yang lebih besar. Magnesium ditemukan secara alami dalam sayuran berdaun gelap, biji-bijian, ikan, cokelat hitam, pisang, alpukat, dan kacang-kacangan.

Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Yang di maksud dengan ideks glikemik adalah respon tubuh terhadap karbo yang di makan. Ini memicu pada makanan karbo akan lebih cepat untuk menaikkan kadar gula darah yang ada dalam tubuh. Anda disarankan memilih makanan dengan indeks glikemik rendah untuk menurunkan kadar gula darah.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal akan meningkatkan kesehatan Anda. Mengontrol berat badan juga terbukti mengurangi risiko gula darah tinggi dan diabetes. Menurut penelitian, ketika Anda kehilangan 7% dari berat badan Anda, Anda kehilangan sekitar 58% dari berat badan Anda.

Memenuhi Kebutuhan Serat

Asupan serat harian yang dianjurkan untuk wanita adalah 25 gram dan 38 gram untuk pria. Anda bisa menghitungnya dalam asupan kalori Anda, setiap 1.000 kalori ada 14 gram serat. Diet tinggi serat juga dianjurkan untuk membantu menurunkan gula darah dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 1. Asupan serat bisa Anda temukan pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Mengontrol Stres

Ternyata tingkat stres juga bisa berpengaruh pada kadar gula Anda. Saat Anda merasa stres, hormon glukagon dan kortisol dikeluarkan, yang meningkatkan risiko kenaikan kadar gula darah. Berdasarkan penelitian, manajemen stres dengan relaksasi dan meditasi dapat menurunkan stres sekaligus mengontrol kadar gula darah.

Ciptakan Pola Tidur yang Berkualitas

Penurunan gula darah juga bisa di akibatkan karena kurang cukup tidur karena ada pelepasan hormon pertumbuhan dan peningkatan kadar kortisol. Jadi, pertahankan pola tidur minimal 6-7 jam per hari dan ciptakan pola tidur yang berkualitas setiap malam. Itulah cara menurunkan kadar gula darah dengan menciptakan pola hidup dan pola makan yang sehat. Menjaga kadar gula darah yang normal berguna untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Cek disini cara tepat penderita diabetes turunkan gula darah tanpa obat
Klik Saya
Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
Cek Ulasan Online Shop Klik Disini