Cara Paling Ampuh Mengobati Diabetes Parah

Diabetes merupakan salah satu penyebab kematian nomor tiga di Indonesia. Meski tergolong penyakit tidak menular, namun dampak yang ditimbulkan cukup mengganggu kesehatan penderitanya. Jika Anda menderita beberapa komplikasi yang disebutkan di atas, Anda tidak boleh menyerah dulu. Tentu tidak ada obat untuk setiap penyakit. Jadi diabetes yang parah pun bisa disembuhkan. Memang tidak mudah untuk menyembuhkan penyakit ini. Selama Anda berkomitmen kuat untuk mengobati penyakit Anda, diabetes Anda akan sembuh dengan sendirinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati komplikasi diabetes yang sudah parah, antara lain:

cara paling ampuh mengobati diabetes parah

Mengobati infeksi kulit yang dialami

Pada penderita diabetes yang sudah parah, biasanya ditemukan beberapa masalah kulit yang menyertainya. Hal ini disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau virus yang menginfeksi kulit dan mudah tumbuh karena mendapat nutrisi dari kadar gula darah yang berlebihan. Gunakan obat diabetes paling ampuh di dunia yang ditujukan untuk mengobati infeksi kulit untuk mengurangi dampak infeksi.

Batasi kandungan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh

Tantangan terberat bagi penderita diabetes untuk mengobati penyakitnya adalah menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya. Mulai dari kadar nutrisi dan kalorinya. Makanan yang mengandung protein tetap boleh dikonsumsi, namun tetap ada batasannya. Buah-buahan dan sayuran segar dapat dikonsumsi, asalkan rendah gula. Anda harus menghindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Asupan kalori dari makanan tidak boleh melebihi 1500 hingga 2000 kalori dalam satu hari, kecuali disarankan oleh dokter atau ahli gizi. Jika seseorang mengatur asupan makanan, maka akan berpengaruh pada kadar gula darah.

Asupan Insulin

Selain makanan, asupan insulin yang masuk ke dalam tubuh juga perlu diperhatikan. Insulin adalah faktor terpenting dalam pengobatan diabetes. Dosis insulin yang biasa diberikan kepada pasien adalah dosis U-40, U-80, dan U-100. Angka dalam dosis menunjukkan jumlah unit insulin dalam satu mililiter. Misalnya, seorang dokter meresepkan 20 unit insulin, kemudian 0,5 cc untuk U-40, 0,25 cc untuk U-80, dan 0,2 cc untuk U-100. Tentu saja dosisnya menyesuaikan dengan anjuran dokter. Gunakan insulin yang diberikan setiap hari sesuai petunjuk dokter. Dosis insulin yang dianjurkan juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari pasien dan jumlah makanan yang dikonsumsi pasien. Dengan demikian, setiap pasien diabetes memiliki dosis insulin yang berbeda.

Reaksi Insulin

Poin ini masih terkait dengan penjelasan nomor tiga, yaitu terkait asupan insulin. Jika seseorang menggunakan insulin terlalu banyak atau melebihi dosis yang dianjurkan, orang tersebut akan merasa lapar, berkeringat, pucat, denyut nadi cepat, dan merasa lemah. Pengobatan kondisi ini di rumah dilakukan dengan meminum segelas jus jeruk atau juga bisa menambah gula. Namun jika mengalami komplikasi yang sangat parah, suntikan glukagon dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah.

Cuci Darah

Jenis pengobatan ini adalah sesuatu yang harus dilakukan jika penderita diabetes telah mengalami komplikasi yang parah. Dialisis dilakukan jika komplikasi dari diabetes yang dialami oleh penderita diabetes telah mengakibatkan gagal ginjal. Jika penderita diabetes lalai dalam minum obat, cuci darah memang harus dilakukan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, dari seluruh pasien cuci darah, sekitar 43 persen di antaranya adalah penderita diabetes, sedangkan 28 persen lainnya adalah penderita tekanan darah tinggi, dan sisanya karena penyakit lain.

Cobalah Pengobatan Alami

Memang dalam dunia kesehatan, ada beberapa obat yang berfungsi sebagai antidiabetes dan mengurangi efek diabetes. Namun, semua itu adalah perawatan dengan menggunakan bahan kimia yang penggunaannya harus selalu diperhatikan. Di dunia ini, ternyata beberapa bahan alami dapat digunakan untuk mengobati diabetes, atau lebih tepatnya mengurangi efek diabetes secara perlahan. Mulai dari konsumsi pare, mengkudu, rebusan brotowali, ginseng, jahe, dan lain-lain. Meski begitu, konsumsi bahan-bahan alami tersebut juga perlu diperhatikan agar tidak berdampak negatif bagi tubuh. Karena sesuatu yang berlebihan akan menghasilkan sesuatu yang negatif juga.

Sering Periksa ke Dokter

Namun, penderita diabetes tidak bisa mencoba mengobati diabetes sendiri tanpa didampingi oleh seseorang yang mengerti langkah pengobatannya. Pemeriksaan ke dokter harus selalu dilakukan, karena dokter akan memantau bagaimana asupan gula dan karbohidrat Anda, asupan insulin yang dianjurkan untuk pasien, jenis pengobatan yang bisa dilakukan, dan juga mengambil langkah-langkah untuk mengurangi efek lebih lanjut diabetes parah. Ikuti saran yang diberikan dokter, meski efek penyembuhannya tidak akan terasa dengan cepat. Pengobatan diabetes sulit dilakukan dengan cepat, jadi bersabarlah dalam melakukan pengobatan pada diri sendiri.

Komplikasi Diabetes

Jika diabetes tidak segera diobati dan dicegah, maka diabetes akan menyebabkan komplikasi yang lebih parah, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut beberapa komplikasi jangka pendek yang bisa timbul akibat diabetes:

Hipoglikemia

Hipoglikemia, atau penyakit kadar gula darah rendah, terkadang disebabkan oleh penanganan diabetes yang berlebihan. Dimana kadar gula darah yang ingin diturunkan malah membuatnya terlalu rendah. Hal-hal yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah melewatkan makan, terlalu banyak berolahraga, mengonsumsi obat antidiabetes, atau salah suntik insulin.

Hiperglikemia

Hiperglikemia atau bisa juga disebut dengan kondisi kadar gula yang tinggi, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan organ tubuh penderitanya. Komplikasi jenis ini bisa terjadi jika penderitanya tidak segera melakukan tindakan untuk menurunkan kadar gula darah, seperti suntikan insulin, atau bisa juga disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sejalan dengan pengobatan diabetes.

Ketoasidosis

Komplikasi ini terjadi ketika tubuh tidak mampu memanfaatkan glukosa dalam tubuh sebagai energi karena kekurangan insulin. Ketika sel-sel tubuh kekurangan pasokan energi, mereka menggunakan sumber energi apa saja yang bisa di gunakan sebagai ganti, lemak cadangan adalah salah satunya. Ketika jaringan lemak terganggu, keton terbentuk yang bersifat racun bagi tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas, sakit perut parah, dan dehidrasi berlebihan.

Masalah Kulit dan Kaki

Kelebihan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes dapat menyebabkan kerusakan jaringan saraf di kulit dan kaki. Jika tidak segera ditangani, bagian tertentu yang bermasalah harus segera diamputasi agar infeksi tidak menyebar. Selain itu, jika penderita diabetes menderita luka, maka ada kemungkinan luka tersebut sulit sembuh dengan cepat.

Masalah jantung

Para peneliti menyatakan bahwa risiko serangan jantung pada penderita diabetes akan sama dengan risiko orang yang pernah mengalami serangan jantung. Beberapa penyakit yang timbul akibat komplikasi ini adalah:

  • Tekanan darah tinggi
  • pukulan
  • Kerusakan arteri

Neuropati Diabetik

Kadar gula yang tinggi akan mempengaruhi sistem saraf dalam tubuh. Gangguan pada sistem saraf disebut neuropati diabetik. Gangguan yang dapat terjadi akibat komplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Mati rasa
  • Merasa ditusuk
  • perasaan geli

Gangguan Ekskresi Cairan Tubuh

Jenis komplikasi ini mempengaruhi pengeluaran cairan tubuh yang telah diproses oleh tubuh. Di dalam tubuh penderita diabetes, cairan tubuh akan sering berkurang namun juga sering diminta untuk diisi ulang. Hal ini akan mempengaruhi kinerja ginjal dan saluran kemih, yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan gagal ginjal. Semua langkah pengobatan di atas tidak serta merta mengobati diabetes yang dialami secara singkat. Namun, jika dilakukan secara konsisten, tidak terburu-buru, dan sabar dalam menjalaninya, maka Anda akan menemukan efek diabetes yang sudah parah tidak terlalu mengancam nyawa. Teruslah berusaha dan berdoa agar diabetes yang Anda alami dapat diobati secara perlahan dan Anda dapat terus menjalani hidup Anda meskipun diabetes Anda dapat mengancam hidup Anda. Jika Anda telah berhasil mengurangi dampak diabetes yang parah, jangan berpuas diri. Karena perjalanan Anda masih panjang untuk benar-benar mengurangi dampak diabetes.

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini