Mengenal Air Alkali dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jika akhir-akhir ini Anda sering merasa mual, muntah atau sakit kepala, kemungkinan besar Anda sering mengalami dehidrasi, sehingga kadar PH dalam tubuh Anda menjadi sangat asam. Untuk menormalkan kadar pH dalam tubuh Anda, air alkali dengan pH 8+ bisa menjadi pilihan. Tapi, apa sebenarnya air alkali itu, dan apa saja manfaatnya bagi tubuh. Berikut ulasannya.

Mengenal Air Alkali dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Air Alkali

Sebenarnya air alkali ini mirip dengan air pada umumnya. Namun jika kadar pH pada air biasa cenderung netral atau pH 7, maka kadar pH pada air alkali berada di atas 8. Minum air alkali seperti air alkali dipercaya dapat mempengaruhi kadar pH dalam tubuh.

Semakin tinggi tingkat pH dalam tubuh manusia, semakin baik. Selain itu, air yang memiliki tingkat pH lebih dari 8 juga cenderung memiliki mineral alkali dan ORP negatif. Potensi reduksi oksidasi atau ORP adalah kemampuan suatu air untuk menjalankan fungsinya sebagai antioksidan. Semakin negatif nilai ORP dalam air, semakin banyak antioksidan yang dikandungnya.

Berbagai Manfaat Alkali untuk Kesehatan

Menjaga jumlah cairan dalam tubuh atau yang biasa dikenal dengan hidrasi sangatlah penting bagi setiap individu. Hal ini dilakukan agar kadar pH dalam tubuh kita tetap seimbang dan netral, sehingga tidak terlalu basa dan tidak terlalu asam.

Saat ini sudah tersedia banyak minuman imun booster yang bisa anda konsumsi. Sehingga jika keseimbangan tingkat pH ini dapat dijaga, maka berbagai fungsi organ tubuh akan berjalan dengan normal. Terlebih lagi, segala risiko penyakit akibat gangguan fungsi organ bisa diminimalisir. Maka dari itu dengan meminum air dengan pH basa atau pH di atas 8 itu sangat penting bagi kesehatan.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa fungsi yang bisa di manfaatkan dari air alkali.

Menjaga Hidrasi Tubuh

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang meminum air alkali tingkat kekentalan darah mereka turun sebesar 6,3 persen jika di bandingkan dengan mereka yang hanya meminum air putih. Sederhananya, mereka yang minum air yang memiliki kadar pH lebih dari 8 atau pH basa memiliki lebih banyak cairan darah daripada mereka yang minum air biasa.

Kekentalan darah seseorang menandakan kurangnya asupan air dalam tubuh. Jika darah seseorang lebih kental, maka aliran darah di dalam tubuh akan lebih lambat. Sebaliknya, darah yang memiliki kadar air yang cukup akan lebih cair sehingga lebih mudah mengalir ke seluruh organ tubuh.

Maka dengan hal ini sekaligus membuktikan bahwa mereka yang lebih memilih minum air dengan pH basa atau pH di atas 8 akan memiliki darah yang lebih lancer dan bisa menjaga hidrasi tubuh.

Menetralisir Kelebihan Asam Dalam Tubuh

Manfaat lain dari air alkali adalah mampu menjaga keseimbangan tingkat pH dalam tubuh. Kandungan pH basa ini akan dapat membantu Anda yang sering mengalami sakit kepala, mual atau muntah dengan menetralkan kelebihan asam dalam tubuh. Selain itu system imun dalam tubuh juga sangat penting untuk di jaga.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sport Nutrition pada tahun 2010 menunjukkan bahwa peserta yang minum air alkali memiliki kadar asam basa yang lebih stabil daripada peserta yang hanya minum air putih.

Selain itu, volume urin mereka yang minum air alkali lebih sedikit, yang menunjukkan bahwa tubuh mereka terhidrasi dengan baik.

Mampu Membantu Mengontrol Tekanan Darah dan Gula Darah

Sekelompok ahli dari China pada tahun 2010 menjelaskan bahwa air alkali juga bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Dalam studi yang dipublikasikan di Shanghai Journal of Preventive Medicine, para peneliti membagi 3 kelompok partisipan yang berbeda, yaitu mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Ketiga kelompok diminta untuk minum air alkali terisolasi selama 3-6 bulan. Akibatnya, para peneliti melaporkan bahwa kadar gula darah, tekanan darah, dan lipid darah mereka menurun drastis. Bahkan, semua pengukuran yang berhubungan dengan tubuh para peserta menjadi normal kembali. Oleh karena itu, air alkali sering digunakan oleh para ahli medis dalam pengobatan hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia.

Menjaga Kesehatan Tulang

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Bone pada tahun 2009 mengungkapkan bahwa air alkali dapat memiliki efek pada resorpsi tulang manusia. Resorpsi adalah proses pemecahan sel-sel tulang tua menjadi sel-sel baru. Semakin sedikit jumlah sel yang dipecah dalam tulang, ditambah semakin banyak kepadatan mineral dalam tulang, semakin kuat tulang Anda.

Para ahli menambahkan bahwa air minum yang memiliki pH lebih dari 8 memiliki kandungan bikarbonat dan kalsium yang tinggi. Kedua bahan ini sangat baik untuk membantu menghambat proses resorpsi tulang dan membuat tulang lebih sehat dan kuat. Namun, air alkali dengan pH lebih dari 8 tidak bisa diartikan sebagai minuman yang dapat mencegah osteoporosis, karena para ahli dan peneliti membutuhkan penelitian yang lebih mendalam untuk membuktikan hal tersebut. Air alkali, hydrogen dan microcluster juga terdapat dalam botol trifinity. Hingga saat ini, manfaat air alkali bagi kesehatan tubuh masih menjadi hal yang kontroversial.

Banyak ahli kesehatan yang meragukan manfaat dari mengkonsumsi air ini. Secara umum, mereka berpikir bahwa tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mendukung manfaat kesehatan dari air alkali seperti yang dinyatakan oleh para pendukung atau konsumennya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, air putih dengan pH netral adalah cairan terbaik untuk tubuh bagi kebanyakan orang.

Mayo Clinic juga mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat kesehatan dari air alkali. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari air alkali dan manfaat pada populasi dan kondisi tertentu: Penelitian yang dilakukan oleh Koufman JA menunjukkan bahwa konsumsi air dengan pH 8,8 akan membuat pepsin tidak aktif.

Pepsin sendiri merupakan hormon yang berperan dalam proses pembentukan asam lambung. Berdasarkan temuan ini Koufman JA menyimpulkan bahwa air dengan pH 8,8 dapat memiliki efek terapeutik pada pasien dengan asam lambung dan penyakit refluks. Studi lain yang dilakukan oleh Wang Yu-Lian menunjukkan bahwa konsumsi air alkali dapat bermanfaat bagi penderita hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 terhadap 100 orang yang diminta mengonsumsi air alkali menunjukkan perbedaan kadar kekentalan (ketebalan) darah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi air alkali.

Kondisi ini memungkinkan pengiriman oksigen yang lebih baik ke jaringan tubuh pada orang yang mengkonsumsi air alkali. Namun, penelitian tersebut hanya dilakukan dengan sejumlah kecil subjek penelitian. Sehingga penelitian lebih lanjut yang melibatkan subyek penelitian yang lebih besar harus dilakukan untuk membuktikan secara ilmiah kesimpulan klaim manfaat air alkali bagi kesehatan. Beberapa penelitian lain juga belum cukup memberikan bukti ilmiah bahwa air sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan.

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini