Menu Diet Paling Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau yang dikenal dengan penyakit kencing manis seringkali menuntut penderitanya untuk bisa lebih mengatur asupan makanannya. Kadar gula darah yang normal pada penderita diabetes memiliki kondisi yang tidak stabil, sehingga jika salah satu asupan makanan salah akan memicu peningkatan gula darah. Makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah yang memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Berikut ini adalah beberapa menu diet yang paling direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Menu Diet Paling Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung sulforaphane dan dipercaya mampu melindungi dan memperbaiki kerusakan pembuluh darah akibat gangguan kardiovaskular akibat diabetes. Menu diet bagi penderita diabetes adalah yang pertama menggunakan sayuran hijau ini. Kandungan sulforaphane dalam brokoli memiliki sifat anti inflamasi, mengontrol kadar gula darah dan akan meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami yang terjadi di dalam tubuh dan juga membantu meningkatkan produksi enzim yang mengontrol senyawa berbahaya pemicu kanker. Selain itu, brokoli juga mengandung kromium yang mampu membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga menjadikan sayuran ini sangat aman dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebisa munkin hindari penggunaan obat yang berlebih karena efek samping obat diet juga lumayan berbahaya.

Steel cut oatmeal

Steel cut oatmeal merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dianggap sangat baik dan juga penting bagi penderita diabetes karena akan mempengaruhi kondisi gula darah dalam darah. Mengkonsumsi biji-bijian seperti produk oatmeal sangat dianjurkan karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk tubuh penderita diabetes. Serat dinilai sangat mampu membantu memperlambat proses pencernaan sehingga akan membuat kadar glukosa dalam tubuh lebih terkontrol. Selain itu, dalam oatmeal juga mengandung magnesium yang akan membantu tubuh untuk dapat memanfaatkan glukosa dan juga sekresi insulin dengan baik. Oatmeal yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah jenis steel cut oats karena kadar glikemik di dalamnya tidak tinggi dan akan membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu yang lama.

Ikan

Menu selanjutnya yang juga sangat baik dan direkomendasikan untuk menu diet bagi penderita diabetes adalah ikan. Makanan laut ini tidak hanya mengandung protein yang akan membuat perut terasa kenyang dalam waktu lama. Namun, kandungan omega 3 yang tinggi juga akan membantu proses penyembuhan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Jika seseorang ternyata memiliki tingkat peradangan yang sangat buruk, maka akan memperburuk kondisi diabetes dan juga akan memicu masalah dengan stabilitas berat badan. Mengkonsumsi ikan merupakan salah satu yang paling dianjurkan, karena akan membantu Anda terhindar dari risiko stroke akibat komplikasi diabetes. Saran penyajian dan pengolahan ikan bagi penderita diabetes adalah hindari mengolahnya dengan cara digoreng, dan sebaiknya mengolahnya dengan cara dikukus atau dibakar. Salah satu ikan yang baik untuk penderita diabetes adalah salmon.

Minyak zaitun

Minyak zaitun atau yang juga dikenal dengan minyak zaitun merupakan salah satu asupan terbaik saat Anda sedang menjalani diet diabetes. Minyak ini mampu mencegah terjadinya resistensi insulin dan penimbunan lemak yang terjadi di daerah perut serta akan membantu menurunkan adiponektin. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti margarin dan jenis lemak lainnya. Kandungan antioksidan dalam minyak ini juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga mencegah penyakit jantung.

Kacang Cannellini

Kacang Cannellini merupakan salah satu jenis kacang yang sangat baik untuk dijadikan menu diet diabetes. Hampir semua jenis kacang-kacangan memang memiliki nilai indeks glikemik yang rendah dan juga tinggi kandungan protein dan serat yang juga sangat baik untuk penderita diabetes. Namun jenis kacang cannellini yang sering dijadikan salah satu masakan Italia ini dinilai memiliki indeks glikemik paling rendah dibandingkan jenis kacang lainnya. Sehingga mengkonsumsi kacang ini setiap hari tidak akan memicu peningkatan gula darah dalam tubuh.

Bayam

Jenis sayuran hijau sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, salah satunya bayam yang mengandung mineral yang sangat penting bagi tubuh dan sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Beberapa kandungan mineral penting dalam bayam adalah kandungan kalium, folat, vitamin K, magnesium, seng, fosfor, lutein, zeaxanthin, flavonoid dan lain-lain. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menjadikan bayam sebagai salah satu menu dietnya karena akan membantu proses penurunan kadar gula darah dengan sangat baik.

Ubi jalar

Mengkonsumsi ubi jalar untuk penderita diabetes juga sangat dianjurkan. Beberapa kandungan dalam ubi jalar yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah antosianin, sejenis pigmen alami yang akan memberikan warna jingga tua pada ubi jalar. Selain itu kandungan tersebut juga termasuk dalam salah satu jenis antioksidan yang akan sangat baik untuk mengatasi peradangan, anti mikroba dan sebagai anti virus. Selain itu, ada kandungan lain dalam ubi jalar yang sangat bermanfaat yaitu vitamin A, serat, dan juga nilai indeks glikemik pada ubi jalar lebih rendah jika dibandingkan dengan indeks glikemik pada kentang.

Kenari

Makanan yang baik untuk dijadikan menu diet selanjutnya adalah kenari. Kenari atau biasa disebut kenari mengandung asam lemak tak jenuh yaitu alfa linolenat yang dapat mengurangi peradangan. Selain itu, dalam kenari juga terdapat beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti omega 3, serat, vitamin E dan senyawa fitokimia yang sangat bermanfaat sebagai salah satu anti kanker, anti virus, anti kolesterol dan anti oksidan. narkoba. Dengan beberapa manfaat yang terkandung dalam kenari akan membantu Anda untuk dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes kronis. Dengan mengkonsumsi kenari sebanyak 56 gram per 8 minggu akan membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes.

Kayu Manis

Menu diet selanjutnya adalah kayu manis. Mengkonsumsi kayu manis juga sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki diabetes tipe 2. Mengkonsumsi 1 gram kayu manis secara rutin akan membantu mendapatkan penurunan kadar gula darah hingga 30% jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kayu manis. Selain itu, kayu manis juga mampu membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang bisa diturunkan hingga 25%. Kondisi ini bisa terjadi karena kayu manis mengandung kromium, sejenis mineral yang akan meningkatkan efek insulin. Kayu manis juga mengandung polifenol yang merupakan salah satu jenis anti oksidan yang dapat melawan radikal bebas dan juga mengurangi peradangan sehingga dapat menjaga kesehatan pada penderita diabetes dan penyakit jantung.

Cokelat hitam

Cokelat sering menjadi salah satu makanan yang harus diwaspadai, terutama bagi penderita diabetes, karena rasanya yang manis justru dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun berbeda dengan cokelat hitam atau disebut juga dark chocolate yang memiliki rasa pahit. Cokelat jenis ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan juga mengurangi resistensi insulin dan akan mempercepat pemrosesan glukosa yang terjadi dalam darah serta mengurangi rasa lapar yang berlebihan. Jenis dark chocolate ini juga merupakan jenis terbaik yang banyak mengandung kakao dan juga kandungan susunya sangat rendah jika dibandingkan dengan cokelat lainnya. Mengkonsumsi dark chocolate akan mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan berlemak.

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini