Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar

Operasi cesar menjadi salah satu alternatif yang bisa di pilih untuk ibu yang ingin melahirkan, banyak faktor yang bisa membuat operasi cesar manjadi salah satu pilihan salah satunya adanya masalah dengan bayi atau janinnya, seperti sungsang.

Terkadang ibu yang memiliki kesempatan untuk melahirkan secara normal juga memilih untuk melahirkan melalui operasi cesar karena tidak ingin merasakan sakit. Namun biasanya setelah operasi cesar, berat badan ibu tidak langsung kembali langsing.

cara menurunkan berat badan

Oleh karena itu bagi para ibu yang ingin memiliki berat badan normal, kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara cesar yang sangat aman. Baca artikel ini hingga akhir agar mendapatkan informasi selengkapnya.

Klik tombol video di bawah↓↓↓↓

Beristirahatlah sebanyak mungkin

Ketika kita memiliki bayi, maka kita akan memiliki waktu tidur yang mungkin jarang terjadi karena kita harus sibuk mengurus bayi kecil kita. Meskipun Anda mungkin sibuk, Anda juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika Anda ingin memiliki tubuh langsing seperti biasanya maka Anda juga harus meluangkan waktu untuk istirahat. Jika Anda punya waktu, seperti saat orang tua kita mengasuh bayi atau suami, maka sebaiknya luangkan waktu untuk istirahat dan tidur terlebih dahulu.

Berolahraga

Pemulihan rahim setelah operasi cesar tidak secepat pemulihan rahim saat ibu melahirkan secara normal. Biasanya dibutuhkan waktu hingga 4 bulan bagi rahim untuk pulih dari operasi cesar dan ibu dapat melakukan aktivitasnya seperti biasa. Meski rahim mungkin sudah pulih, beratnya mungkin masih tidak setipis dulu. Apabila setelah operasi cesar bunda ingin mendapatkan berat badan yang ideal kembali, kami menyarankan Anda untuk berolahraga, karena saat menyusui, itu merupakan salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk mengurangi lemak tubuh.

Apa saja yang penting tentang menurunkan berat badan setelah melahirkan caesar

ASI Eksklusif hingga 6 bulan

Tips ketiga yang bisa Bunda lakukan jika ingin mengecilkan perut dan juga ingin menurunkan berat badan selama masa pemulihan pasca melahirkan melalui operasi cesar adalah dengan memberikan ASI eksklusif kepada Si Kecil hingga 6 bulan. Banyak sekali manfaat ASI bagi bayi. Menurut penelitian, selain bermanfaat untuk bayi. Pemberian ASI eksklusif untuk bayi ini juga sangat bermanfaat bagi ibu karena dapat mengecilkan perut dan juga menurunkan berat badan ibu. Hal ini karena saat menyusui, perut akan merasakan kontraksi sehingga perlahan bisa kembali ke bentuk semula.

Konsumsi makanan rendah kalori

Jika ingin kembali ke berat badan normal setelah melahirkan, sebaiknya perhatikan juga makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi berat badan kita. Setelah melahirkan secara cesar, usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi namun rendah kalori. Jika Anda lapar di tengah malam, kami menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan rendah lemak seperti ubi jalar, kentang, oatmeal, roti gandum karena lebih baik untuk Anda.

Minum banyak air

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan operasi cesar kelima adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Jika Anda ingin mendapatkan berat badan yang normal, maka kami sarankan agar Anda rajin minum air putih. Selain bisa menjaga berbagai racun dari dalam tubuh, meminum air putih ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ASI. Dan agar anda bisa cepat kenyang anda bisa minum banyak air putih untuk mengganti karbohirat di saat anda merasa lapar. Karena air putih sangat ampuh untuk mengurangi berat badan.

Mengurus anak sendiri

Mungkin ada sebagian wanita yang setelah melahirkan secara cesar memilih untuk diasuh oleh pembantu rumah tangga atau baby sitter. Jika Anda ingin berat badan Anda kembali normal, kami sarankan Anda merawat bayi Anda sendiri. Karena jika kita fokus mengasuh anak, kita akan banyak melakukan aktivitas dan kalori dalam tubuh kita berkurang dan bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu juga dapat mendekatkan hubungan ibu dan anak.

Melakukan latihan Kegel

Cara selanjutnya yang bisa membantu ibu menurunkan berat badan adalah dengan mengikuti senam kegel. Selain baik untuk menurunkan berat badan, senam kegel juga baik untuk ibu hamil. Senam kegel ini merupakan salah satu jenis olahraga yang membantu menarik otot-otot vagina dan dapat membantu bunad untuk mengurangi lemak pada otot perut. Kalau belum tahu caranya, bisa cari di internet untuk langkah-langkah senam kegel.

Jangan diet sembarangan

Mungkin yang namanya ingin menurunkan berat badan identik dengan diet. Namun, karena ibu baru saja melewati operasi cesar, jangan sampai ibu melakukan diet ketat. Ibu harus makan secara teratur dan bergizi karena ibu memberikan ASI kepada bayi. Jangan sampai ibu melakukan diet yang menyiksa dirinya sendiri, dan juga bisa menyiksa bayinya karena tidak mendapat ASI karena sedang diet keras.

Hindari penggunaan obat penurun berat badan

Mungkin saat tidak hamil, banyak wanita yang mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk diet. Obat ini digunakan untuk menurunkan berat badan. Namun jika ibu baru saja menjalani operasi cesar setelah melahirkan, maka jangan mengkonsumsinya. Karena ibu masih menyusui, obat dapat mempengaruhi produksi ASI ibu. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum minum obat.

Makan sering tapi sedikit

Cara kesepuluh yang bisa Anda lakukan adalah makan sering tapi sedikit. Salah satu tips diet sehat adalah makan cukup sering tetapi dalam jumlah atau porsi yang sedikit. Terutama ibu yang sedang menyusui, sehingga cara ini sangat efektif untuk ibu. Setiap kali Anda makan, pastikan Anda makan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari juga makanan yang dilarang oleh ibu menyusui.

Pilih jalan kaki jika jaraknya dekat

Setelah Anda menjalani operasi cesar dan telah melewati tahap pemulihan, ketika Anda dapat berjalan kembali, kami sarankan Anda memilih untuk berjalan di mana-mana jika jaraknya dekat. Misalnya saat ibu mau belanja keliling rumah, daripada naik motor atau mobil lebih baik jalan kaki saja. Jalan kaki membantu membakar kalori sehingga Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Pilih menu yang bergizi dan rendah lemak

Tips diet menurunkan berat badan bagi ibu yang baru saja melahirkan adalah memilih menu yang bergizi dan juga rendah lemak ya bunda. Jika Anda tidak ingin kelebihan berat badan, cobalah untuk menghindari makanan yang digoreng dan dipanggang sebanyak mungkin. Hindari juga makanan seperti jeroan, berlemak, berminyak, dan santan. Hindari juga makanan pedas karena dapat menyebabkan masalah pencernaan pada bayi. Nah itulah informasi kami tentang cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara cesar yang sangat aman. Jika Anda mengikuti semua tips ini, Anda tidak hanya akan menurunkan berat badan secara alami tetapi juga kesehatan ibu selama menyusui. Tentu efeknya juga bisa diterima oleh buah hati Anda.

 

Cara mudah menurunkan berat badan alami ↓↓↓↓

Klik Disini
Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
Cek Ulasan Online Shop Klik Disini