Tanaman obat yang dianjurkan untuk mengobati Diabetes Mellitus

Tanaman obat yang dianjurkan untuk mengobati Diabetes Mellitus

Di indonesia penyakit diabetes melitus terus mengalami peningkatan jumlah penderitanya . Orang awam menyebutnya diabetes. Diabetes kini mulai menjamur di kalangan kelas bawah. Jika seseorang mengidap diabetes, maka akan sulit mengering jika kulit terluka. Indikator lain seperti urine dapat mengundang semut untuk datang, hal ini dikarenakan kelebihan gula dalam darah yang keluar melalui sistem ekskresi . Secara biologis, diabetes disebabkan oleh kerja abnormal hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Yang kita tahu, insulin berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

Faktor penyebab seseorang menderita DM umumnya karena kebiasaan hidup yang tidak sehat. Kebiasaan masyarakat mengkonsumsi makanan manis, asin dan berlemak. Konsumsi tinggi karbohidrat, gula, serta makanan dan minuman bergula di masyarakat berisiko terkena diabetes melitus. Selain itu juga dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor risiko diabetes melitus yang signifikan adalah jenis kelamin dan usia. Pria memiliki risiko diabetes 2,48 kali lipat. Usia lebih dari 50 tahun memiliki risiko DM sebesar 2,16 kali lipat. Dengan melakukan diet makanan manis juga bisa mencegah kambuihnya diabetes melitus ini. Ini di di karenakan makanan manis bisa mengakibatkan naiknya glukosa yang di hasilkan oleh hati dan jika di biarkan akan membuat gula darah naik secatra signifikan. Konsumsi makanan asin memiliki risiko DM sebesar 2,62 kali lipat. Sedangkan konsumsi makanan manis dan berlemak memiliki risiko lebih rendah terkena DM.

Pola hidup sehat dan pola makan seimbang sangat dianjurkan untuk menghindari penyakit DM. Secara umum ciri-ciri orang yang terkena DM adalah sering buang air kecil, sering haus, berat badan cepat turun, perasaan lemas dan mudah lelah, sering kesemutan di kaki dan tangan, serta penglihatan kabur. Jika keluarga Anda menunjukkan gejala seperti itu, ada baiknya diwaspadai. Oleh karena itu, perlu berkonsultasi dengan dokter di puskesmas atau rumah sakit. Upaya pencegahan sedini mungkin sangat baik untuk menghindari DM. Perlunya pendidikan untuk mengurangi risiko DM sejak usia muda . Atau anda bisa menggunakan obat herbal yang mana lebih aman dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh. Disini penulis berhasil melakukan rangkuman obat diabetes herbal yang berpotensi untuk mengobati diabetes. Inilah di antara mereka.

 

Tapak Dara (Catharanthus roseus)

Tanaman ini biasanya di gunakan sebagai tanaman hias. Namun tanaman ini juga bisa di gunakan sebagai tanaman obat untuk penderita diabetes. Tanaman yang dapat tumbuh hingga 1 meter memiliki bunga berwarna merah keunguan. Cara membuat ramuan tapak dara cukup mudah. Anda perlu mengumpulkan 10 sampai 16 daun tapak dara ini utnuk di jadikan obat. Bagaimana membuat:

  • Rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas saja
  • Setelah diminum dingin, diulangi sampai sembuh

Kunyit (Curcuma longa)

Kunyit termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Kunyit sangat digemari di mata masyarakat jawa karena khasiatnya yang luas. Kunyit berwarna oranye. Bahan yang di gunakan adalah 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam. Bagaimana membuat:

  • Rebus semua bahan dalam air yang mendidih lalu saring
  • Minum 2 kali seminggu ½ gelas

Jambu biji (Psidium guajava)

Apakah Anda suka jambu biji? Ternyata selain sebagai salah satu bahan penyusun sari buah ini ternyata memiliki banyak khasiat. Jambu biji termasuk dalam keluarga Myrtaceae.Jambu biji ini memiliki biji berwarna kuning dan kulit berwarna hijau serta daging buah yang berwarna merah dan juga ada yyang memiliki warna putih. Buah jambu biji diketahui banyak mengandung vitamin C dan daun dari jambu biji juga di percaya mengandung tanin yang bisa mencegah diabetes. Namun untuk anda yang ingin membuat ramuan ini di rumah bisa anda ikuti cara berikut. Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan: 1 jambu biji setengah matang Bagaimana membuat:

  • Belah buah biji menjadi empat bagian kemudian rebus.
  • Rebus dalam air yang mendidih dan ambil airnya secara di saring
  • Anda bisa meminumnya dua kali sehari sore dan pagi.

Kacang mete (Anacardium occidentale).

Selain jambu biji, kacang mete juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan diabetes. Ini karena tanaman ini mengandung senyawa yang bisa menambah pertumbuhan insulin pada tubuh sehingga glukosa tidak akan berlebih. Bahan: 2 buah jambu mete dan adas pulawaras secukupnya Bagaimana membuat:

  • Rebus semua bahan menggunakan 2 liter air sampai mendidih
  • Disaring untuk diambil airnya
  • Anda bisa meminumnya dua kali sehari sore dan pagi

Belimbing manis (Averrhoa carambola)

Buah belimbing berasal dari suku Oxalidaceae. Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Saat anda memeotong buah ini maka akan tampak penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, manis dan agak asam. Buah ini banyak mengandung vitamin C. Buah ini berkhasiat sebagai obat DM. Bahan: 2 buah belimbing manis matang. Cara membuat: Dimakan setiap pagi dan sore; diulang sampai sembuh

Belimbing asam (Averhoa bilimbi)

Blimbing Wuluh berasal dari famili Oxalidaceae. Buahnya termasuk buah buni, berbentuk lonjong, panjang 4-6,5 cm, hijau kekuningan, banyak berair bila sudah masak dan rasanya asam. Bentuk bijinya bulat telur, pipih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus belimbing wuluh 100 ml sehari sekali selama 14 hari mampu menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan pada remaja. Cara membuat ramuan obat DM adalah sebagai berikut. Bahan: 3 genggam belimbing wuluh asam jawa. Bagaimana membuat:

  • Rebus 1 liter air hingga mendidih, lalu saring untuk diambil airnya
  • Anda bisa meminumnya dua kali sehari sore dan pagi

Ngokilo (Stachytarpheta mutabilis)

Tanaman yang satu ini juga bisa mencegah diabetes melitus. Daunnya tebal, lonjong dan agak berbulu, ujungnya bergerigi. Dikenal juga sebagai obat ampuh untuk mengobati kencing batu. Bahan yang di gunakan adalah 3 lembar daun ngokilo yang segar Cara membuat: Makan secara teratur dan bisa di jadikan sebagai lalapan

Apel (Malus domestica)

Apel adalah anggota keluarga Rosaceae. Buah apel ini merupakan buah yang bisa di jadikan obat diabetes melitus. Banyak zat yang di kandung oleh buah apel yang berfungsi sebagai pencegah diabetes ini dan juga bisa di jadikan sebagai obat diabetes. Apel fuji mengandung serat larut yang tinggi dan sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah. Dengan mengkonsumsi apel fuji maka aka mengurangi resiko diabetes jika di bandingkan dengan yang tidak memakannya. Bahan: 1 biji apel ukuran sedang. Bagaimana membuat:

  • Potong menjadi 3-4 bagian dan rebus dengan 3-4 gelas air hingga mendidih menjadi 2 gelas
  • Anda bisa meminumnya dua kali sehari sore dan pagi

Inilah tumbuhan yang berpotensi sebagai obat diabetes. Semoga bermanfaat.

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini