Tips Belajar Dari Rumah Saat Menghadapi Virus Corona

Dampak sosial dari seluruh penduduk dunia, efek dan gaung muncul di semua lapisan masyarakat, dan dunia menjadi dalam keadaan panik dan kecemasan bercampur dengan kurangnya pemahaman dan serta tidak hati-hati dalam menerima informasi.

Virus Corona Covid-19 semakin mengancam Indonesia karena penyebarannya yang begitu luas.

Warga juga diminta disiplin menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari virus berbahaya ini. Peningkatan kasus virus corona tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia. Saat ini, ada tiga negara di luar China yang paling terdampak wabah ini, yakni Amerika Serikat, Italia, dan Spanyol. Sejauh ini belum ditemukan vaksin yang dapat mengobatinya.

Saat peneliti melakukan serangkaian uji vaksin yang bisa digunakan sebagai penangkal virus, kita harus waspada dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari virus corona. Membatasi aktivitas di luar rumah dan menghindari keramaian adalah suatu keharusan.

Bahkan pemerintah Indonesia juga telah menegaskan bahwa social distancing dilakukan seiring dengan proses belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Hal ini sangat penting dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang tidak terpapar virus Corona. Tentu banyak perusahaan, serta pelajar dan mahasiswa yang terkena dampaknya, tetapi ada banyak cara efektif yang dapat Anda gunakan jika Anda seorang pelajar atau karyawan.

Anda dapat mengikuti pekerjaan Anda dan menyelesaikan studi Anda di rumah dengan cara berikut:

Tips Belajar Dari Rumah Saat Menghadapi Virus Corona

Ciptakan tempat yang tenang dan nyaman di rumah

Anda menyiapkan tempat yang dapat memotivasi Anda untuk belajar dan bekerja untuk waktu yang lama, alat serta tempat yang anda gunakan harus selalu steril terutama pada benda yang paling dekat dengan anda seperti kertas dan pena agar anda tidak terlalu berjalan jauh.

Pilih waktu yang ideal untuk belajar

Lakukan aktivitas seolah-olah Anda benar-benar akan bekerja atau kuliah. Pada saat-saat tertentu Anda harus bangun dan mulai bekerja, dan pada saat-saat tertentu Anda juga harus menyelesaikan tugas, jangan biarkan kekacauan memasuki hari dan kehidupan Anda, karena akan meningkatkan ketegangan, kecemasan dan kepanikan di sekitar Anda.

Terhubung dengan teman sekelas dan belajar dari jarak jauh

Akhir-akhir ini permintaan akan program komunikasi jarak jauh dan berbagai aplikasinya sangat tinggi, karena merupakan sarana komunikasi yang baik dengan masyarakat yang saat ini menghindari berkumpul & kontak langsung yang dapat memicu penyebaran virus Corona.

Aplikasi penting yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda belajar dengan teman dari jarak jauh adalah:

  • Zoom
  • Slack
  • WebEx
  • G-Suite
  • Microsoft Team

Berolahraga secara teratur dan terapkan gaya hidup sehat

Tidak kalah penting dari mencuci tangan, mensterilkan tempat umum dan menerapkan etika bersin & batuk adalah berolahraga & makan makanan sehat. Tidak diragukan lagi bahwa olahraga teratur dan kebiasaan makan yang sehat adalah gaya hidup yang seimbang, akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang lemah, tubuh akan lebih mudah terserang berbagai penyakit. Jadi, perhatikan baik-baik apa yang Anda makan dan minum, perbanyak minuman anti virus corona dan jangan biarkan pekerjaan dan studi menyibukkan Anda sampai Anda melupakan makan dan olahraga. Usahakan untuk selalu bergerak dan berolahraga di rumah, sisihkan waktu di pagi hari untuk berbagai latihan di rumah & jadikan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

Istirahat teratur

Sifat pikiran manusia membutuhkan periode konsentrasi tertentu, diikuti dengan periode istirahat. Pikiran seperti mesin yang jika dimainkan terlalu lama tidak akan bekerja dengan baik, jadi Anda harus memperbarui aktivitas Anda dan menyegarkan pikiran Anda dengan istirahat yang cukup di antara waktu belajar. Tubuh dan pikiran perlu waktu untuk bersantai dan bermeditasi, Anda perlu membaca buku favorit Anda lagi, mendengarkan musik, atau bermain game.

 

Tips Merry Riana

Klik tombol video di bawah↓↓↓↓

Jaga kesehatan mental

Untuk menghindari stres, ketakutan, dan kecemasan yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan dan studi, berhati-hatilah dengan media sosial, dan pertahankan energi dan integritas psikologis Anda melalui langkah-langkah ini:

Batasi berita & berhati-hatilah dengan apa yang Anda baca

Berita berlipat ganda setiap saat. Berita dari berbagai negara memberikan informasi yang tidak meyakinkan, dan Anda tidak akan dapat menangani semua berita negatif ini, jadi jaga agar berita tetap rendah, dan janggan sampai anda mudah terpengaruh dengan informasi yang bersumber dari sumber yang tidak resmi.

Pilih sumber yang kredibel

Anda dapat mengikuti berita dari sumber yang terdokumentasi dan otentik seperti World Health Organization (WHO) dan coronavirus.app atau https://www.covid19.go.id/. Abaikan rumor & cari kebenaran dari sumbernya.

Abaikan "tren" Twitter

Jika Anda mengikuti banyak status yang tersebar di Twitter, Anda mungkin menemukan sebagian kecil dari status tersebut benar-benar terkait dengan topik, dan itu bukan indikasi validitas ilmiah.

Jadi jangan buang waktu Anda untuk melacak kata-kata di Twitter, dan abaikan akun yang banyak mempublikasikan berita hoax. Abaikan grup WhatsApp dan sembunyikan postingan hoax di Facebook yang membuat Anda khawatir tanpa kembali ke sumber terpercaya.

Hindari kelelahan mental

Kelelahan, ketakutan dan kecemasan sangat mempengaruhi kesehatan mental serta fisik yang kebal, jangan sampai anda kelelahan dan tetap bekerja dan belajar, menghirup angin pagi, atau berjalan-jalan di alam yang akan merangsang sistem kekebalan tubuh dan memperbarui aktivitas psikologis Anda. Dan pastikan sistem imun anda selalu baik.

Kendalikan kecemasan dan kepanikan Anda

Tentu tidak ada jalan keluar dari kecemasan di tengah semua berita ini, tetapi Anda harus menghadapinya dengan baik agar kecemasan Anda tidak berubah menjadi gangguan obsesif-kompulsif.

Berikut cara sederhana untuk melakukannya:

Pengakuan: Kecemasan adalah bentuk pelarian Anda dari perasaan yang Anda simpan di alam bawah sadar Anda, jadi akui saja apa yang Anda rasakan.

Pernapasan: Bernapas dengan benar membantu Anda menghilangkan perasaan negatif dari napas Anda, jadi latih pernapasan yang benar.

Analisis: Analisis semua berita yang Anda baca & Anda akan menemukan bahwa ada banyak perasaan yang lahir dalam diri Anda karena ide yang salah, & dari sumber yang tidak berdokumen.

Tinggalkan: Tinggalkan perasaan negatif, itu akan berlalu, Anda tidak harus menanggapi semuanya. Biarkan mereka terbang dan tidak perlu anda fikirkan.

Rasakan: Rasakan saat ini, karena pada saat ini semuanya baik-baik saja, perhatikan pernapasan Anda, perhatikan tanah di bawah Anda, lihat sekeliling, perhatikan apa yang Anda lihat dan apa yang Anda dengar, perhatikan apa yang dapat Anda sentuh dan kemudian alihkan fokus Anda pada hal-hal lain yang Anda butuhkan.

Lakukan segala sesuatu dengan penuh kesadaran. Anda bisa gunakan botol trifinity untuk tempat minuman anda. Pada akhirnya, kemampuan Anda untuk melawan dan mengubah kebiasaan Anda akan sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Keadaan saat ini dapat menjadi salah satu sarana Anda untuk memperoleh keterampilan yang akan membantu mengubah gaya hidup Anda dan memperoleh kebiasaan yang lebih aman bagi Anda.

Cara perkuat imunitas tubuh anak anak dan orang tua untuk menangkal virus dan penyakit
Klik Saya
Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
Cek Ulasan Online Shop Klik Disini