Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Melakukan diet dengan mengatur pola makan yang sehat dapat menurunkan berat badan dan mengubah kebiasaan makan Anda menjadi lebih sehat. Tanpa program paksaan dan penyiksaan. Meski hasilnya tidak akan terlihat secepat jika Anda melakukan diet ekstrem, mengonsumsi pil diet, atau menjalani operasi sedot lemak. Namun, mengikuti diet sehat jauh lebih aman dalam jangka panjang dan akan menjaga berat badan Anda tetap terkendali. Selain bisa menurunkan berat badan, mengatur pola makan yang lebih sehat juga bisa menghindarkan Anda dari risiko penyakit berbahaya.

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Tips & Cara Memprogram Diet Sehat Alami

Melakukan diet tidak harus dilakukan secara drastis dan menyiksa. Anda dapat menurunkan berat badan secara alami dengan mengubah pola makan dan kebiasaan makan Anda secara bertahap. Yuk, simak tipsnya berikut ini:

Makan Sarapan Kaya Protein

Makan makanan kaya protein untuk sarapan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jika anda menambah protein saat anda sarapan maka hal itu bisa membantu anda meningkatkan kontrol nafsu makan dan bisa melupakan ngemil yang kurang sehat.

Banyak minum air mineral

Minum cukup air sepanjang hari baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 9.500 orang menemukan bahwa mereka yang tidak minum cukup air memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dan lebih mungkin mengalami obesitas daripada mereka yang minum banyak air. Selain itu saat seseorang mengkonsumsi air lebih banyak maka ia akan bisa mengurangi konsumsi kalori yang berlebih.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat (Refined Carbs)

Karbohidrat olahan, seperti tepung putih, pasta, dan roti, rendah serat dan cepat dicerna oleh tubuh. Jadi Anda akan kenyang untuk sementara waktu. Anda bisa memilih karbohidrat kompleks seperti biji-bijian seperti barley dan quinoa, gandum, atau sayuran seperti kentang dan wortel. Karbohidrat kompleks akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengandung lebih banyak nutrisi daripada sumber karbohidrat olahan.

Konsumsi Lemak Sehat yang Cukup

Meskipun lemak sering kali menjadi hal pertama yang hilang ketika mencoba menurunkan berat badan, lemak sehat sebenarnya dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan. Mengikuti diet tinggi lemak sehat dengan mengonsumsi makanan seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan yang mana makanan ini sudah terbukti bisa memaksimalkan pengurangan berat badan dimana hal ini sudah banyak di buktikan dalam beberapa penelitian. Selain itu lemak juga bisa mengurangi nafsu makan serta membantu anda kenyang lenih lama.

Batasi Konsumsi Gula Tambah (Added Sugar)

Gula tambahan, terutama dari minuman manis, adalah alasan utama kenaikan berat badan yang tidak sehat dan masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung. Plus, makanan seperti permen, soda, dan makanan lain yang mengandung banyak gula tambahan cenderung sangat rendah nutrisinya. Mengurangi makanan tinggi gula tambahan adalah cara diet cepat tanpa obat.

Makan Makanan Kaya Serat

Dalam sayuran terdapat banyak serat yang sehat, termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hanya makan lebih banyak makanan kaya serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Makan di Piring yang Lebih Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda makan dengan porsi yang lebih kecil. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, Anda perlahan akan terbiasa makan dengan porsi lebih kecil tanpa merasa lapar. Untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak, perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit, jadi makanlah dengan perlahan dan berhentilah makan sebelum Anda merasa kenyang.

Matikan televisi atau komputer saat makan

Menurut sebuah penelitian, makan sambil menonton bisa membuat Anda mengonsumsi kalori 40 persen lebih banyak dari biasanya. Mengirim pesan teks, bekerja di depan komputer, atau aktivitas lain yang mengganggu saat makan juga dapat menyebabkan Anda makan berlebihan. Sebaliknya, makan di meja makan jauh dari gangguan untuk membuat Anda makan lebih sedikit.

Hindari Minuman Kalori

Meskipun kebanyakan orang tahu bahwa mereka harus menghindari soda dan milkshake ketika mencoba menurunkan berat badan. Tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa bahkan minuman yang diiklankan untuk meningkatkan kinerja atletik atau meningkatkan kesehatan bisa tinggi kalori. Bahkan jus botolan, yang sering dipromosikan sebagai minuman sehat, dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Untuk itu ada baiknya Anda minum air putih, selain menyehatkan dan memiliki banyak manfaat, air putih mengandung 0 kalori.

Baca Label Nutrisi pada Makanan

Mengetahui cara membaca label makanan dapat membantu Anda memilih pilihan makanan dan minuman yang lebih sehat. Gunakan informasi nutrisi untuk melihat kandungan karbohidrat, gula, lemak, dan kalori untuk melihat sehatkah minuman makanan tersebut dan sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda.

Coba Angkat Berat dan Latihan Kekuatan

Meskipun latihan aerobik seperti jalan cepat, lari, dan bersepeda sangat bagus untuk mengurangi berat badan. Latihan kardio banyak di lakukan orang dan hanya berfokus di sana dan mereka tidak melakukan olahraga secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa angkat beban dapat meningkatkan metabolisme Anda, membantu Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan ketika Anda sedang beristirahat.

Terapkan gaya hidup sehat

Setelah menerapkan berbagai cara diet sehat seperti yang disebutkan di atas, alangkah baiknya jika Anda juga menerapkan pola hidup yang baik secara menyeluruh. Apa itu gaya hidup yang baik? Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti tidur yang cukup dan menghindari begadang. Kemudian, hindari konsumsi alkohol berlebihan dan jangan merokok. Hal-hal ini akan membantu diet sehat alami Anda berjalan dengan mudah dan sukses. Pilih makanan diet sehat yang baik untuk konsumsi sehari-hari Sebenarnya ada banyak makanan diet sehat yang bisa Anda konsumsi. Namun, beberapa makanan diet sehat di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi Anda.

Jadikan olahraga sebagai kebutuhan

Olahraga merupakan diet sehat alami yang paling mudah untuk Anda lakukan. Karena saat melakukan olahraga diet alamai akan lebih optimal. Maka mulai sekarang jangan jadikan olahraga sebagai kewajiban, namun sebagai kebutuhan. Karena tubuh Anda perlu mengeluarkan dan membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak dengan olahraga teratur, dengan cara apa lagi timbunan kalori – dalam bentuk lemak dapat dihilangkan? Mulailah membiasakan diri berolahraga secara rutin setiap hari, minimal 30 menit. Untuk memulainya, Anda bisa jalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah. Nah, itulah tips diet sehat dan alami. Meskipun menyesuaikan pola makan dan kebiasaan makan yang sehat membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya. Namun cara ini lebih efektif karena akan menjaga berat badan ideal Anda dalam jangka panjang.

Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
WA Konsul  OL Shop  COD Klik Disini